Cari Blog Ini

Jumat, 04 Februari 2011

KERAJAAN JAWA

Dinasti Sanjaya (Hindu) dan Syailendra (Budha) di Jawa Tengah kuno yang saling berebut pengaruh.

Kisah Airlangga yang sempat terbuang dari kerajaan Medang dan bergerilya di hutan-hutan sebelum akhirnya memulihkan dinasti wangsa Isyana dan mendirikan kerajaan Kahuripan.

Pecahnya Kahuripan menjadi Jenggala dan Daha (Kadiri) yang menjadi setting kisah terkenal Panji Semirang dan Ande-Ande Lumut.

Keberhasilan Ken Arok, seorang begal (rampok) yang berhasil menggulingkan kekuasaan Kediri dan mendirikan kerajaan besar Singhasari.

Runtuhnya Singhasari era Kertanegara yang dilatarbelakangi ambisi kekuasaan (penyatuan Nusantara) dan pemberontakan berlandaskan dendam dari Jayakatwang (Kediri) yang akhirnya berlanjut ke....

Berdirinya Majapahit di bawah Raden Wijaya yang berhasil mengalahkan Jayakatwang dengan memanfaatkan (menipu) tentara Tartar utusan Kubilai Khan yang bermaksud menaklukkan Jawa.

Pemberontakan-pemberontakan besar di era Jayanegara yang hampir meruntuhkan Majapahit (pemberontakan Ronggolawe, Semi, Kuti, Gajah Biru, dsb)

Kisah penyatuan Nusantara oleh Hayam Wuruk, Gadjah mada, dan Laksamana Nala.....diwarnai pembantaian berdarah di Bubat untuk menaklukkan Pajajaran. Peristiwa ini menjadikan hubungan Hayam Wuruk dan Gajah Mada menjadi renggang.

Perang saudara Paregreg yang melemahkan Majapahit antara Wikramawardhana dan Bhre Wirabumi...Jadi latar belakang kisah Damarwulan..

Jatuhnya Majapahit dan Berdirinya Demak...mempopulerkan kisah ulama-ulama berpengaruh (Wali Songo)

Penyerbuan angkatan perang Demak bekerjasama dengan Kerajaan Aceh ke Malaka untuk mengusir Portugis...berlanjut dengan pertempuran Sunda Kelapa (berdirinya Jayakarta/Jakarta)

Jatuhnya Demak dan berdirinya kerajaan Pajang yang dipenuhi Intrik perebutan kekuasaan antara Hadiwijaya (Joko Tingkir) dengan Aryo Penangsang dari Jipang yang didukung oleh Sunan Kudus.

Jatuhnya Pajang dan berdirinya Mataram oleh Panembahan Senopati...diwarnai intrik pembantaian keluarga Pangeran Benowo yang notabene saudara tiri Panembahan Senopati.
Kisah Ki Ageng Mangir yang takluk oleh siasat kejam Panembahan Senopati dengan mengumpankan putrinya sendiri

Perang antara Sultan Agung Hanyokrokusumo dari Mataram melawan VOC di Batavia....dua penyerbuan besar yang gagal karena faktor logistik...

Pemberontakan Trunojoyo (Adipati Madura) yang nyaris menghancurkan Mataram..

Pecahnya Mataram menjadi Surakarta dan Yogyakarta diiringi campur tangan Belanda....

Sultan Ageng Tirtayasa, raja Banten yang berperang melawan Belanda...yang masih berhubungan dengan..

Perlawanan Surapati...seorang biasa yang berhasil menjadi raja di Pasuruan, mengadakan perlawanan mulai dari bergerilya dan mengumpulkan banyak pengikut, sempat berlindung di Keraton Yogyakarta.. hingga akhirnya tumbang oleh Belanda di Benteng Bangil, Pasuruan...

Kisah Diponegoro yang sebenarnya memiliki hak untuk mewarisi tahta Yogyakarta tapi memilih untuk melancarkan perlawanan terhadap Belanda..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger